Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Pilihan Kuliner Khas di Gunungkidul



Gunungkidul adalah salah satu tempat favorit wisatawan yang berkunjung di Jogja. Di sana kamu bisa menemukan beragam pilihan destinasi wisata alam yang sangat seru untuk dikunjungi. Banyak sekali pilihan pantai lengkap dengan resort yang nyaman dan pemandangan yang indah. 

Selain itu, di Gunungkidul juga banyak tersaji keindahan alam tersembunyi yang akan sulit kamu temukan. Tempat ini juga menjadi favorit wisatawan karena ada banyak pilihan kuliner khas yang menarik untuk dicoba. Intinya, berlibur di Kulon Progo akan menjadi pilihan yang tepat karena semuanya ada di sana dan bisa memberikan pengalaman berlibur yang berkesan.

5 Kuliner Khas dari Gunung Kidul


Wisata kuliner memang selalu seru untuk dilakukan. Apalagi jika kamu sudah jauh-jauh berkunjung ke suatu tempat. Akan sangat disayangkan jika kamu tidak mencoba kuliner khasnya. Kalau kamu berkunjung ke Gunungkidul maka ini dia 5 kuliner khas yang wajib untuk kamu cicipi :

1. Walang Goreng


Kuliner yang satu ini memang cukup ekstrim. Walang artinya belalang dan ya, di Kulon Progo kamu bisa menemukan belalang goreng. Walang goreng ini sangat terkenal karena rasanya yang gurih dan renyah. Cocok sekali untuk dijadikan camilan selama kamu di perjalanan menuju ke pantai.

2. Sego Abang


Sego abang merupakan makanan khas Gunungkidul yang terbuat dari beras merah dengan metode memasak yang khas. Alat yang digunakan untuk memasak adalah tungku tanah liat dan kayu bakar. Beras merah dikukus dengan anyaman bambu kemudian setelah matang disajikan dengan sayur berkuah santan.

3. Tiwul


Tiwul juga makanan yang sangat populer di Gunungkidul. Makanan ini terbuat dari tepung gaplek atau tepung singkong yang sudah dikeringkan. Selain dimakan sebagai camilan, tiwul juga bisa dikonsumsi sebagai makanan pokok pengganti nasi. Tiwul biasanya disajikan dengan kelapa parut dan gula merah sehingga ada perpaduan rasa gurih dan manis yang nikmat.

4. Jangan Lombok Ijo


Jika kamu ingin makan besar di Gunungkidul maka pastikan kamu mencoba jangan lombok ijo. Jangan lombok ijo merupakan sayur berkuah santan yang di dalamnya terapat kacang panjang, tempe kedelai, dan tentu saja potongan cabai hijau.

5. Gatot


Gatot adalah makanan khas Gunungkidul yang terbuat dari singkong yang sudah dikeringkan. Gatot biasanya akan disajikan dengan gula dan taburan garam. Makanan ini banyak dijumpai di pasar tradisional dan kalau kamu berkunjung ke Gunungkidul maka kamu bisa mendapatkan rasa khas yang nikmat dari Gatot.

Itulah tadi beberapa pilihan kuliner khas Gunungkidul yang bisa kamu coba. Pastikan kamu menikmati keindahan alam di sana sekaligus merasakan nikmatnya kuliner khas yang tentu akan sulit ditemui di tempat lain. Mencicipi makanan khas Gunungkidul langsung di tempatnya akan membuat liburanmu menjadi lebih berkesan. Selamat berlibur!

Posting Komentar untuk "5 Pilihan Kuliner Khas di Gunungkidul"